Translate

Monday, August 7, 2017

Cara Beli Tiket Kereta dengan Ticket Vending Machine di Jepang

Kali ini saya ingin membagi salah satu tips liburan ke Jepang bagi teman-teman yaitu cara membeli tiket kereta JR di mesin tiket atau Ticket Vending Machine (TVM). Berdasarkan pengalaman saya, pertama kali lihat mesin tiket kereta yang isinya kanji bikin bingung hehehe. Tapi tak apa, terdapat menu bahasa Inggris di sebelah kanan atas. Ada macam-macam model mesin tiket kereta, yang saya sempat foto dibawah ini adalah salah satu mesin JR tiket di Stasiun Osakajokoen. Menu di mesin ini lebih simpel dari yang saya temui di Tokyo.

Sebelum membeli tiket, periksa dulu daftar harga tiket ke stasiun yang akan kita tuju di papan harga (Fare Table) yang terletak di sebelah atas mesin tiket. Harga yang tertera adalah harga dari stasiun tempat kita berada ke stasiun tujuan, jadi kita tidak perlu repot hitung-hitung lagi, cukup lihat angka yang tertera di stasiun tujuan. Misalnya seperti foto dibawah, kita sedang berada di Stasiun Osakajokoen dan di papan tertera Stasiun Osaka ¥160, berarti harga tiket dari stasiun Osakajokoen ke Stasiun Osaka adalah ¥160 (pin kuning di foto).
Japan railway fare table
Harga Tiket dari Osakajokoen ke Beberapa Stasiun Tujuan
 Untuk langkah-langkahnya dapat dilihat sesuai urutan angka yang saya berikan di gambar berikut ini:

Mesin tiket kereta Jepang
Mesin Tiket atau Ticket Vending Machine (TVM)

Setelah melihat harga yang tertera di papan harga, maka langkah selanjutnya adalah:
  1. Untuk mengubah bahasa ke bahasa Inggris, lihatlah di layar sebelah pojok kanan atas ada tulisan "English", tekan itu dan menu akan berubah ke dalam bahasa Inggris.
  2. Jika menu yang keluar hanya menu Ticket dan IC Charge, maka pilih menu "Ticket", maka akan keluar deretan harga-harga tiket dari yang termurah hingga yang termahal.
  3. Pilih Jumlah orang yang akan menggunakan tiket, jika hanya sendiri, tekan tombol satu orang dewasa yang paling atas, jika bersama anak maka pilih tombol dengan simbol orang dewasa dan anak seperti pada tombol ketiga dari atas, simbol anak-anak akan berwarna merah sedangkan orang dewasa berwarna hitam. Setelah menekan tombol jumlah penumpang misalnya 2 orang dewasa, maka tekan pilihan harga ke stasiun tujuan, misalnya ¥160. Di layar akan muncul total harga yang harus dibayarkan yaitu ¥320.
  4. Masukkan koin di tempat koin sebanyak harga yang dimaksud atau koin ¥500 pun tidak masalah karena akan ada kembaliannya. Koin yang diterima oleh mesin ini adalah mulai pecahan ¥10 hingga pecahan ¥500. Jika anda menggunakan uang kertas maka masukkan pada tempat uang kertas seperti pada kode nomor "4a" di foto. Uang kertas yang diterima adalah pecahan ¥1000 sampai ¥10000. 
  5. Setelah koin atau uang kertas dimasukkan maka akan keluar tiket di tempat tiket pada kode nomor "5" di foto. Pada contoh ini maka akan keluar 2 tiket sekaligus.
  6. Uang kembalian akan keluar pada tempat kembalian pada kode nomor "6" di foto.
Mudah kan cara menggunakan mesin tiketnya? Teman-teman juga bisa cari video cara membeli tiket kereta ini di Youtube, biasanya lebih banyak. Sekian dulu topik cara membeli tiket kereta di mesin tiket. Saya akan update lagi informasi mengenai cara mengembalikan tiket yang terlanjur di beli di mesin tiket nanti ya, ditunggu saja.

No comments:

Post a Comment